Monday, August 14, 2006

hari pramuka dan hari kemerdekaan

hari ini 13 agustus
besok 14 agustus ya...........
besok hari pramuka lho........
aku jadi teringat sewaktu smp dulu
sewaktu aku ditugasin oleh sekolahku jadi komandan upacara......
pada waktu itu aku dipanggil kepala sekolah
"Zis kau jadi komandan upacara besok pas hari pramuka" kata kepala sekolah
"lho mas Zusmar (komandan upacara yang dipersiapkan untuk hari pramuka) kemana pak" kataku
"Zusmar hari ini dan besok tidak hadir dikarenakan ada saudarane yang sakit keras", "gimana " kata bapak kepala sekolah..........
"baiklah pak, saya akan melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya, tapi saya minta latihan dulu..........." jawabku
itulah kejadian sewaktu smp di kala itu.............
yah pramuka...........mungkin sekarang nggak dilirik oleh pelajar-pelajar smp, mereka lebih senang pergi ke mall ataupun cuman tongkrong-tongkrong di pinggir jalan saja.
sekarang tugas kita-kita lah yang memotivasi mereka supaya ada kemauan untuk ikut ekstra kurikuler seperti pramuka lagi.
oh ya.......................
tanggal 17 agustus sudah didepan mata kita
tanggal dimana kakek-kakek kita dulu memproklamirkan kemerdekaan..........
yah itulah hari kemerdekaan nasional bangsa kita
tapi kenyataannya sekarang kita masih dijajah oleh bangsa lain, tapi udah nggak seperti dulu lagi penjajahannya.......sekarang bentuk penjajahannya lain, kita dijajah dalam segala bidang ekonomi, sosial dan budaya.
dalam bidang ekonomi misalnya kita masih berhutang ke imf, mana penghasilan hasil tambang kita yang katanya bisa mencukupi seluruh kebutuhan hidup bangsa ini, katane bangsa Indonesia itu "gemah ripah loh jinawi" tapi mana kenyataannya, apakah cuma akan diberikan begitu saja kepada pt freeport atau kepada pt-pt yang dikuasai oleh orang asing.
dalam bidang sosial budaya, kita sering lupa bahwa kita sering memakai produk-produk asing, kalau pakai produk-produk dalam negeri dikatakan belum modern, kampungan atau kuno atau apalah aku nggak tahu lagi menyebutnya.
kepada bapak-bapak yang duduk di kursi pemerintahan jangan hanya D3 (duduk, diam, dapat uang) marilah kita bersama-sama membangun Indonesia tercinta ini, agar tambah maju, agar jangan dijajah lagi oleh bangsa-bangsa lain.
saya akan berkata sebenare "bangsa kita belum merdeka secara keseluruhan".
akhir kata saya akan mengucapkan selamat hari pramuka dan dirgahayu Republik Indonesia yang ke 61 semoga di tahun-tahun mendatang dapat lebih menunjukkan siapa bangsa Indonesia di mata internasional


(penulis hanya seorang yang belum mengerti arti kemerdekaan)

4215

1 Comments:

At 12:35 AM, Blogger Lita Uditomo said...

salam pramuka !! :)

saya termasuk salah satu orang yg kehilangan kegiatan pramuka..:(
karena ternyata sekarang sesudah dewasa kerasa banget manfaatnya ikut pramuka jadul dari SD sampe SMA..

semoga bener ya, mas Azis, pramuka akan di-revitalisasi..

 

Post a Comment

<< Home